Sabtu, 12 Desember 2009

Resensi Buku Jurnalistik

Resensi Buku Jurnalistik

Judul Buku : Jurnalistik Praktis

Penulis : Asep Syamsul M. Romli, S.IP.

Pengantar : Asep Syamsul M. Romli, S.IP.

Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya

Cetakan : Ketujuh, Desember 2006

Tebal : 134 halaman

Selintas melihat dari cover buku ini, awalnya saya enggan untuk membacanya, namun tersirat dibenak saya, “apalah arti suatu kulit luar”. Yang akhirnya saya mencoba membokar isi buku ini, yangn ternyata didalamnya, luar biasa sekali, mengapa demikian? Karena materi yang disajikan sudah memuat apa saja yang harus dilakukan oleh para jurnalistik, mencakup wartawan didalamnya. Dalam buku ini banyak sekali materi-materi yang membahas tentang jurnalistik dan kewartawanan. Seperti membahas tentang bagaimana seorang wartawan itu menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ada. Karena menjadi seorang wartawan itu tidak seenaknya saja. Dalam buku ini pun dibahas juga tentang bagaimana cara membuat sebuah berita yang benar karena dalam meliput sebuah berita seharusnya berita tersebut harus benar-benar ada nilai beritanya. Mencari berita atau meliput bahan berita adalah salah satu tahap penyusunan naskah berita (news processing), selain proses perencanaan berita , proses penulisan berita (news writing) dan proses penyutingan naskah (news editing). Dalam peliputan berita terdapat salah satunya adalah "reportase" dimana reportase itu adalah kegiatan jurnalistik berupa meliput langsung ke lapangan, ke TKP. Seorang wartawan langsung mendatangi tempat kejadian atau peristiwa.

Selain itu buku ini juga membahas tentang bagaimana menulis sebuah artikel, karena artikel itu sendiri adalah sebuah karangan atau tulisan suatu masalah yang biasanya untuk dimuat disebuah media cetak. Dan masih banyak lagi materi-materi yang dibahas didalam buku ini.

Itu beberapa manfaat yang dapat diambil dari buku jurnalistik terapan ini, mungkit kekurangan yang menurut saya membantu dalam kesempurnaan buku ini adalah, tidak ada catatan kakinya, walaupun sudah disajikan daftar pustakanya

Setelah dibaca ternyata buku ini benar-benar sangat praktis. Khususnya untuk para calon yang akan turun kedalam dunia jurnalistik atau kewartawanan dapat menjadikan buku ini sebagai buku pegangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar